Selasa, 16 Desember 2014

Rangkaian Counter Dengan JK-Flip Flop












Counter merupakan suatu sistem yang digunakan untuk melakukan pencacahan data,  dalam postingan ini akan dibahas tentang pembuatan rangkaian counter dengan menggunakan JKFF secara sinkron dan asinkron, perbedaan counter sinkron dengan asinkron adalah dari pemberian sumber detak rangkaiannya, jika counter sinkron maka pemberian detak untuk mengeluarkan data pada masing-masing JKFF dilakukan secara bersamaan, tetapi pada counter asinkron pemberian detak masing-masing JKFF dilakukan secara bergantian atau berantai.

1. Counter Up Sinkron Modul 16 dengan JKFF. 
Yang pertama adalah rangkaian counter up sinkron, untuk rangkaian dibawah ini adalah rangkaian counter up sinkron modul 16 dengan JKFF (JK Flip-Flop).





















2. Counter Down Sinkron Modul 8 dengan JKFF. 
Selanjutnya adalah rangkaian counter down sinkron modul 8 dengan JKFF. tabelnya dapat dilihat dibawah ini :














3. Counter Up Asinkron Modul 16 dengan JKFF. 
   Untuk rangkaian dibawah ini adalah counter up asinkron modul 16 dengan JKFF.



















4. Counter Modul X Sinkron dengan JKFF.
Counter modulo X merupakan suatu counter yang akan melakukan pencacahan hingga bit tertentu sesuai dengan yang diinginkan/dibutuhkan, misalkan apabila kita mempunyai 4 bit counter up sinkron dengan JKFF, berarti counter tersebut adalah modul 16 yang akan mencacah dari 0 hingga15 tetapi apabila kita hanya membutuhkan modul tertentu, misalkan modul 10 yang akan mencacah dari 0 hingga 9, seperti bila kita akan membuat detik dan menit satuan pada jam digital. Kita dapat menggunakan pin masukan "Reset" untuk mengatur supaya ketika pada bit tertentu akan kembali ke bit awal misalkan jika hanya akan mengcounter hingga 9 maka pada bit 1010 atau 10 ia harus kembali ke bit 0000 dan tidak akan menampilkan bit 1010. dibawah ini adalah rangkaian keseluruhan pada counter modulo 10 sinkron menggunakan JKFF.

5. Counter Up/Down Sinkron dengan JKFF. 
counter up/down sinkron dengan JKFF, counter up/down sinkron modul 8. jadi rangkaian ini mempunyai bit selector, apa itu bit selector? yaitu suatu masukkan bit yang akan digunakan sebagai pemilih dan pengatur apakah rangkaian akan menjadi counter up atau counter down. jadi didalam rangkaian keseluruhan counter up/down sinkron modul 8 mempunyai tiga sistem rangkaian utama, yaitu rangkaian counter itu sendiri yang terdiri dari JKFF, adapun table yang terlihat di rangkaian ini tersebut seperti gambar di bawah.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar